Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 8, Nomor 2, Mei 2020

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020

Asmilu Asmilu (SMK Negeri 2 Baubau)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Prasiklus sampai siklus II yaitu, prasiklus (40%), siklus I (80%), siklus II (92%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model Pengajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai siswa SMK Negeri 2 Baubau, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...