Jurnal Akademik FKIP Unidayan
Volume 9, Nomor 1, Januari 2021

Peningkatan Prestasi Belajar Fisika Melalui Metode Numbered Head Together Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020

Rahman Rahman (SMA Negeri 3 Baubau)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model NHT. (2) pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,38%), siklus II (76,92%), siklus III (88,46%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fisika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unidayan ini diharapkan menjadi wahana informasi ilmiah, juga diharapkan dapat merangsang minat kita semua untuk membuat karya ilmiah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, ...