AbstrakTujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan menggunakan model pembelajaran Make a match. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan  dalam dua siklus dengan prosedur tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIa SD Negeri 1 Baturetno berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a match  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mencapai 85,71 %. (2) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan  ketuntasan hasil belajar siswa pada materi menerapkan konsep Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan individu mencapai 85,71%. (3) Pengunaan model pembelajaran Make a match dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi Menyajikan karya tentang cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya mencapai 90,47%.Kata kunci: Model Pembelajaran, Make a Match, Hasil belajar AbstractThe purpose of this study is to improve learning outcomes. Analyze how living things adapt to the environment using the Make a match learning model. This research is a classroom action research conducted in two cycles with procedures for each cycle consisting of planning, implementing the action, observing, and reflecting. The research subjects were 21 students of Class VIa SD Negeri 1 Baturetno. The results showed that the Make a match learning model can improve student learning outcomes in the material on how living things adapt to the environment. Based on the research results, it can be concluded that (1) The use of Make a match learning model can increase student activeness in the learning process by reaching 85.71%. (2) The use of the Make a match learning model can improve the completeness of student learning outcomes in the material applying the concept of analyzing how living things adapt to individual environments reaches 85.71%. (3) The use of the Make a match learning model can increase the completeness of student learning outcomes in the material of presenting works on how living things adapt to their environment, reaching 90.47%.Keywords: Learning Model, Make a Match, Learning Outcomes
Copyrights © 2021