Jurnal Pengembangan Wiraswasta
Vol 23, No 1 (2021): JPW Edisi April 2021

Model Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Kinerja Wirausaha Perempuan di Bogor

Yuridistya Primadhita (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Eka Avianti Ayuningtyas (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)
Anggraita Primatami (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis serta pengaruh tidak langsung orientasi kewirausahaan yang dimediasi oleh strategi bisnis terhadap kinerja wirausaha perempuan di Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer dari 50 wirausaha perempuan di Bogor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja wirausaha perempuan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan yang dimediasi oleh strategi bisnis berpengaruh lebih besar terhadap peningkatan kinerja wirausaha perempuan. Orientasi kewirausahaan yang kuat diiringi dengan strategi efisiensi biaya, strategi diferensiasi produk, dan strategi segmen pasar spesifik akan memberikan kemungkinan yang lebih besar bagi wirausaha perempuan untuk meningkatkan kinerjanya dan menjadi lebih kompetitif.Kata kunci: kinerja; orientasi kewirausahaan; strategi bisnis; UMKM; wirausaha perempuan             ABSTRACTThis study aims to examine the direct effect of entrepreneurial orientation and business strategy and also the indirect effect of entrepreneurial orientation, mediates by business strategy, on the performance of women entrepreneurs in Bogor. This study used the primary data of 50 women entrepreneurs in Bogor. The data was analyzed using path analysis. The results showed that entrepreneurial orientation has no directly effect on the performance of women entrepreneurs. The results also showed that entrepreneurial orientation that is mediated by business strategy has a greater effect on improving the performance of women entrepreneurs. Strong entrepreneurial orientation that accompanied by cost efficiency strategy, product differentiation strategy, and specific market segment strategy will provide more possibilities for women entrepreneurs to improve their performance and become more competitive.Keywords: business strategy; entrepreneurial orientation; performance; SMEs; women entrepreneurship

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpw

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengembangan Wiraswasta is a national journal intended to develop entrepreneurship. This journal contains articles on various issues in the field of social sciences and humanities in the economic field. In particular, this journal raises various management issues related to entrepreneurship ...