Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
Vol 4, No 1 (2021): June

Problem Based Learning Dipadu Jigsaw Berbasis Lesson Study: Upaya Pemberdayaan Literasi Informasi Mahasiswa Biologi di Era Digital

Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Untuk dapat belajar secara efektif di lingkungan pendidikan tinggi, mahasiswa perlu melek informasi melalui cara yang sesuai dengan lingkungan akademik dan disiplin ilmu yang mereka pelajari, termasuk di bidang biologi. Walaupun demikian, kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia belum secara sengaja mengintegrasikan pengembangan literasi informasi dalam pembelajaran dikelas dan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran problem-based learning dipadu jigsaw yang diterapkan dalam perkuliahan Fisiologi Hewan dapat meningkatkan keterampilan literasi mahasiswa biologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study. Empat puluh mahasiswa program studi biologi berpartisipasi dalam studi ini. Keterampilan literasi informasi mahasiswa diukur dengan tes literasi informasi yang mengacu pada Association of College and Research Libraries. Hasil penelitian menunjukkan intervensi yang dilakukan memfasilitasi penguasaan keterampilan mahasiswa untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif untuk merumuskan solusi pemecahan masalah yang ada. Namun belum secara signifikan memfasilitasi penguasaan indikator mengakses informasi secara efektif dan efisien serta memahami isu ekonomi, hukum, dan sosial terkait penggunaan informasi. Temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu informasi bagi pendidik perguruan tinggi terkait intervensi yang dapat dirancang untuk mengembangkan literasi informasi mahasiswa. Pendidik dalam konteks pendidikan tinggi perlu mengintegrasikan aktivitas pemecahan masalah secara berkesinambungan dalam perkuliahan sebagai upaya pengembangan keterampilan literasi informasi mahasiswa. Modifikasi rancangan intervensi dalam penelitian ini dianjurkan untuk dilakukan agar dapat menyempurnakan hasil yang diharapkan.

Copyrights © 2021