Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 02 (2021): Februari

Pengaruh Model Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V

Fembriani Fembriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana)
Melan Gewahi (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univer)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan model Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar IPA peserta didik kelas V di SD Negeri Hueknutu Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. Penelitian adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian One–Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik keslas V SD Negeri Hueknutu yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model Probing-Prompting 61,3% lebih tinggi daripada persentasi nilai peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 25,8%. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 16 dilakukan dengan uji paired sample t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Oleh sebab itu, model probing-prompting dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...