Jurnal Ilmiah Kontekstual
Vol. 2 No. 02 (2021): Februari

Bahan Ajar Tematik Berbasis Kompetensi Peserta Didik di Abad 21

Afifah Hasna Prilia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sony Irianto (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Sriyanto Sriyanto (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Perkembangan abad 21 menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam berpikir dan memecahkan masalah. Oleh sebab itu, pelaksanaan pembelajaran perlu didukung adanya bahan ajar tematik yang dapat menumbuhkan kompetensi peserta didik di abad 21. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis kompetensi peserta didik abad 21 di Kelas V. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, analisis dokumen, dan angket yang disebarkan kepada ahli materi, bahasa, dan pembelajaran serta angket respon guru. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar tematik berbasis kompetensi peserta didik abad 21 di kelas V sekolah dasar yang berisi enam tahap kegiatan pembelajaran. Keenam tahapan tersebut yaitu yaitu:1) memprediksikan, 2) berdiskusi I, 3) menjelaskan I, 4) pengamatan, 5) berdiskusi II, 6) menjelaskan II. Bahan ajar tematik pada tahap pertama dinyatakan layak oleh ketiga validator dengan kategori “baik”. Pada tahap kedua bahan ajar tematik dinyatakan layak dengan kategori “sangat baik”. Menurut respon guru dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian bahan ajar tematik tersebut dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan empat kompetensi peserta didik abad 21di sekolah dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kontekstual

Publisher

Subject

Education

Description

Ruang lingkup penerbitan jurnal KONTEKSTUAL berfokus pada Pendidikan Dasar (manajemen pendidikan, belajar dan pembelajaran, pendidikan inklusif, bimbingan dan konseling, kurikulum, pendidikan IPS, pendidikan IPA, PKn, matematika, bahasa indonesia, bahasa daerah, seni dan budaya di ...