RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 6 No 1 (2021): RISDA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam

PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

solehuddin, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Al-Qur an adalah kitab suci yang mudah dihafal, diingat dan dipahami. Begitu besar manfaat menghafal sehingga beribu-ribu ummat muslim banyak yang hafal Al-Qur an, bahkan diantaranya adalah anak-anak yang belum menginjak usia baligh. Banyak sekali ucapan orang salaf yang sholeh tentang keutamaan belajar dan menghafal di masa kecil terlebih pendidikan agama. Atas dasar pemikiran di atas penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan menghafal Al-Qur an terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Studi Kasus di SMP Al-Furqon Madrasatul Qur an Tebuireng), untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam (Studi Kasus di SMP Al-Furqon Madrasatul Qur an Tebuireng) dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuan menghafal Al-Qur an terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Studi Kasus di SMP Al-Furqon Madrasatul Qur an Tebuireng). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian Ex Post Facto. Penelitian Ex Post Facto merupakan penelitian dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian. Adapun jumlah populasinya kelas 8 & 9 adalah 153 siswa SMP Al-Furqon Madrasatul Qur an Tebuireng dan sampelnya diambil 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 siswa. Sedangkan lokasi yang diteliti di SMP Al-Furqon Madrasatul Qur an Tebuireng . Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket dan hasil raport. Pengolahan datanya menggunakan SPSS 16 for windows dengan analisis data descriptive statistics frequencies. Selanjutnya setelah data diperoleh dan dikumpulkan, maka data diklasifikasikan dan dianalisis. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisa data “Product Moment”. Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur an Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMP Al-Furqon Madrasatul Qur an Tebuireng) menunjukkan tingkat yang tinggi dengan korelasi product moment sebesar 0,602. Dari hasil tersebut menunjukkan ada pengaruh yang signifikan karena berada pada jarak panjang interval antara 0,41 sampai 0,70 yang berarti kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

risda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

This journal publishes articles in the form of learning and learning outcomes, and concepts in the context of Islamic education. Detailed scopes of articles accepted for submission to RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam are: Islamic Education Materials Educators and Students Learning ...