Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Vol 9, No 1 (2021): April

INOVASI FASILITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA

Tilal Afian (Universitas Cordova)
Rizka Donny Agung Saputra (Universitas Cordova)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan cara melakukan inovasi perpustakaan sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskanaspek-aspek peranan perpustakaan sekolah ramah  anak dalam meningkatkan minta baca. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama, sedangkan sumber data sekunder merupakan data tambahan yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti  dari sumber utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil inovasi fasilitas perpustakaan yang dihasilkan yaitu Peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi menjadi lebih semangat dan dan betah berada didalam perpustakaan salah satunya saat jam pelajaran kosong. Bagi petugas perpustakaan, mendapatkan pengetahuan baru di bidang perpustakaan.Kata kunci : Perpustakaan Ramah Anak, Inovasi Perpustakaan ,Meningkatkan Minat BacaPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan cara melakukan inovasi perpustakaan sekolah ramah anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat mendalami, menggambarkan dan menjelaskanaspek-aspek peranan perpustakaan sekolah ramah  anak dalam meningkatkan minta baca. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer merupakan data yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti dari sumber utama, sedangkan sumber data sekunder merupakan data tambahan yang didapatkan secara langsung dan dikumpulkan oleh peneliti  dari sumber utama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil inovasi fasilitas perpustakaan yang dihasilkan yaitu Peserta didik yang sebelumnya tidak tertarik untuk mengunjungi menjadi lebih semangat dan dan betah berada didalam perpustakaan salah satunya saat jam pelajaran kosong. Bagi petugas perpustakaan, mendapatkan pengetahuan baru di bidang perpustakaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

visionary

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu ...