Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2021): Rambideun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Tingkat Dasar Di Rumah Qur’an Khairul Ummah Kecamatan Gandapura Provinsi Aceh

chalil chalil (Universitas Almuslim)
Iswadi Iswadi (Universitas Almuslim)
M Afrizal (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa tingkat dasar di Rumah Qur’an Khairul Ummah Kec. Gandapura Kab. Bireuen Provinsi Aceh bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris; dan 2) meningkatkan motivasi siswa tingkat dasar dalam mempelajari Bahasa Inggris. Pelaksanaan kegiatan pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa tingkat dasar ini dilakukan menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL). Metode ini pada penerapannya melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif mencari dan mempraktekkan kosa kata Bahasa Inggris yang diajarkan guru. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini disimpulkan bahwa pelaksanaan pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa tingkat dasar mendapat respon positif. Selain itu, siswa juga terlihat antusias dalam belajar Bahasa Inggis. Oleh karena itu, penggunaan metode SCL sangat diperlukan dalam kegiatan pengajaran Bahasa Inggris kepada siswa tingkat dasar. Adapun hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan motivasi siswa pada proses pembelajaran menggunakan metode SCL. Oleh karena itu, kegiatan PKM ini diharapkan menjadi kegiatan PKM yang berkelanjutan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat with registered numbers ISSN 2656-2987 (online), ISSN 2615-8213 (print) is a journal that contains community service articles conducted by lecturers, researchers and practitioners related to the implementation of the Tridarma of Higher Education and ...