Cybernetics: Journal of Research and Educational Studies
Volume 2 Nomor 2 April 2021

Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Geografi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Siwa Kelas XI IPS 3 SMA 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2018-2019

Saini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk agar minat siswa meningkat dalam belajar Geografi; sehingga siswa memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif. Berdasarkan hasil analisis penelitian tindakan dari siklus I sampai siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar Geografi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun penjelasannya sebagai berikut: (1) Motivasi belajar Geografi siswa kelas XI Ips 3 SMA Negeri 1 Tanah Jawa : (a) Motivasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 12,94% yaitu dari motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,53% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,47%. (b) Sedangkan motivasi belajar berdasarkan perhitungan angket pada siklus I kesiklus II mengalami kenaikan sebesar 8,24% yaitu dari motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 65,88% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 74,12%. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siswa pra siklus, yaitu 73,76 meningkat 3,92% pada siklus I sebesar 77,68 mengalami kenaikan hasil belajar pada siklus II sebesar 4,44 dengan nilai rata-rata siswa mencapai 82,12.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrss

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cybernetics is Journal of Research and Educational Studies diperuntukkan sebagai sarana publikasi bagi para pendidik seperti Guru, Dosen, Pengawas, Konsultan, mahasiswa, dan peneliti untuk menyumbangkan hasil studi dan penelitiannya di bidang yang berkaitan dengan pendidikan dan ...