JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 8, No 2 (2020): December 2020

Pengembangan M-Learning Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA

Galuh Danang Sumari (Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)
Tien Aminatun (Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media mobile learning tema sistem imun yang layak sebagai media pembelajaran Biologi SMA kelas XI, serta mengungkapkan pengaruh  media mobile learning materi sistem imun terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan sintesis dari model ADDIE tipe Clark dan model Carey. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 30 siswa  SMA N 5 Yogyakarta dan uji coba skala luas dilakukan pada 60 siswa kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian pakar media dan pakar materi menunjukkan bahwa media mobile learning tema sistem imun sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas XI SMA, serta hasil uji coba menunjukkan bahwa media mobile learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...