JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 9, No 1 (2021): June 2021

Penerapan Model PBL Menggunakan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa

Reznyfa Minda Unisty (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cecep Anwar Hadi FS (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jaenudin Jaenudin (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Serang tahun ajaran 2018/2019 semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes skala minat belajar siswa. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBL menggunakan NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...