JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 9, No 1 (2021): June 2021

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Pertidaksamaan Dua Variabel melalui Model Visualization Auditory and Kinesthetic (VAK)

Aryanti Nurhasanah (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Slamet Soro (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Rizki Dwi Siswanto (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas X-MIPA 3 SMAN 94 Jakarta. Subjek penelitian berjumlah 36 peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pra-siklus diambil dari nilai ulangan harian tentang persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak, dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 58,14. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik, terlihat dari rata-rata nilai 64 pada siklus I dan 79,94 pada siklus II serta peningkatan persentase peserta didik yang lulus kriteria ketuntasan minimal (KKM) 19,43 % pada pra-siklus, 38,89% pada siklus I, dan 75% pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...