KESMAS
Vol 10, No 6 (2021): VOLUME 10, NOMOR 6, JUNI 2021

GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Palar, Melisa (Unknown)
Sondakh, Ricky C. (Unknown)
Joseph, Woodford B. S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Stres merupakan respon tubuh yang bersifat non spesifik pada setiap tuntutan beban atasnya. Stres dapat terjadi kapanpun dan dimanapun, termasuk pada mahasiswa. Perubahan metode belajar menjadi pembelajaran jarak jauh secara tiba-tiba dapat membuat mahasiswa mengalami kesulitan dalam beradaptasi sehingga menjadi stres. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif, yang dilakukan di FKM UNSRAT Manado pada bulan Desember 2020 sampai Februari 2021. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa aktif FKM UNSRAT Manado, dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat stres mahasiswa terhadap PJJ secara keseluruhan serta berdasarkan semester dan lokasi tempat tinggal mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online kepada responden melalui whatsapp. Hasil penelitian ini menunjukkan responden yang mengalami stres ringan 19%, stres sedang 25%, stres berat 19%, dan stres sangat berat 4%. Kesimpulan penelitian ini, yaitu sebagian besar mahasiswa mengalami stres dengan tingkatan yang berbeda-beda juga mahasiswa yang berlokasi tempat tinggal di Kota (69%) serta mahasiswa pada semester 5 (77,3%) mengalami stres dengan tingkat persentase yang lebih tinggi. Saran pada penelitian ini bagi mahasiswa untuk mampu mengelola stres yang dialami dan untuk tenaga pengajar untuk mengubah cara pemberian materi agar mahasiswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran.Kata Kunci: Stres, Mahasiswa, PembelajaranABSTRACTStress is a non-specific response of the body to any demands on it. Stress can occur anytime and anywhere, including students. Changes in learning methods from direct learning to distance learning can make students experience difficulties in adapting so that they become stressed. This research is a type of quantitative research with a descriptive research design, which was conducted at FKM UNSRAT Manado from December 2020 to February 2021. The subjects in this study were active students of FKM UNSRAT Manado, with a total sample of 100 students. The purpose of this study was to describe the overall stress level of students on distance learning and based on the semester and also the location of the students residence. Data collection was carried out by distributing online questionnaires to respondents through the WhatsApp application. The results of this study showed that 19% of respondents experienced mild stress, 25% moderate stress, 19% severe stress, and 4% very severe stress. The conclusion of this study are, most students experience stress with different levels as well students who live in the city (69%) and students who are in semester 5 (77,3%) experience stress with a higher percentage level. Sugestions in this study are for students to be able to manage the stress that they experience and for teachers to change the way materials is given, so that students are more interested in participating in learning.Keywords: Stress, Student, Learning

Copyrights © 2021