Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan bouncepass). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretest posttest control group the same subjec design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017 berjumlah 229 orang yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas VIII A2 dan kelas VIII A7. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan Simpel random sampling,. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay, pengambilan data dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 81,38 . Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata 67,93 . Angka signifikansi 5%. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung =10,027 lebih dari t tabel = 2,003 Sehingga H0 ditolak. yang diperoleh melalui Uji t adalah <0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh positif terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass dan bouncepass) siswa.
Copyrights © 2019