Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
Vol 5, No 2 (2021)

EFEKTIVITAS E-MODUL LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X

Kristalia, Azizah (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2021

Abstract

Materi larutan elektrolit dan nonelektrolit merupakan salah satu materi kimia yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari siswa kelas X MIPA dengan X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga kelas sampel ditentukan oleh guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda terdiri dari 20 butir soal dan 5 pilihan jawaban yang valid, reliabel dan  daya pembeda soal serta indeks kesukaran dengan kriteria baik. Tingkat efektivitas e-modul dianalisis dari hasil uji n-gain. Hasil n-gain yang diperoleh pada kelas eksperimen 0,6 sedangkan pada kelas kontrol 0,5 namun keduanya dalam kategori sedang. Sehingga e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning efektif terhadap hasil belajar dengan kriteria tinggi dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Implikasi penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman langsung bagi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJPK

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of chemistry ...