Salah satu media pembelajaran dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu Augmented Reality (AR). Penggunaan AR dinilai lebih interaktif dan dapat merangsang daya imajinasi anak sehingga dapat lebih menarik minat anak untuk belajar. Tujuan penulisan ini untuk membuat aplikasi pembelajaran buah-buahan dengan Augmented Reality sebagai media pengenalan tentang buah-buahan dan vitamin yang menarik serta terdapat kuis. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software SketchUP, Unity 3D, dan Vuforia SDK. Pada aplikasi ini menggunakan fitur AR (Augmented Reality) untuk menampilkan objek 3D buah beserta penjelasan dalam bentuk teks dan suara, fitur kuis yang berisikan 10 soal. Terdapat menu vitamin yang berisi penjelasan mengenai kelima manfaat vitamin dan menu panduan aplikasi. Aplikasi telah di uji coba pada ketiga smartphone yaitu Oppo F1s, Samsung Galaxy J7 dan Samsung Galaxy J6. Hasil uji coba ketiga smartphone dapat disimpulkan bahwascanning marker pada AR (Augmented Reality), Kuis, Vitamin, dan Panduan berfungsi dengan baik. User interface pada smartphone Oppo F1s dan Samsung Galaxy J7 terlihat rapih dan jelas, namun pada smartphone Samsung Galaxy J6 yang memiliki ukuran resolusi layar 1480 x 720 pixels, user interface pada halaman menu utama terlihat lebih kecil.
Copyrights © 2021