Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan media magnetik maze efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak kesulitan belajar membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperiment dimana desain yang dipakai adalah desain one group pretest-posttest. Penelitian ini mengukur perlakuan sebelum treatment (O1) dan sesudah treatment (O2). Data yang diperoleh diolah menggunakan rumus Wilcoxon sign rank test, dengan α = 0,05. Berdasarkan analisis data yang diolah dengan rumus Wilcoxon sign rank test diperoleh nilai T akhir adalah 0. Dengan perbandingan Thitung ≤ Ttabel, taraf signifikan = 0,05 dan N= 7, untuk Ttabel = 2 dan Thitung = 0, maka didapat perbandingan 0 ≤ 2 maka Ha diterima dan Ho ditolak dari pengolahan data tersebut dapat disimpulkan penggunaan media magnetik maze efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi anak kesulitan belajar membaca kelas III SD Negeri 15 Unggan Kabupaten Sijunjung.
Copyrights © 2021