Penelitian ini menguji keefektivan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) sebagai intervensi untuk mengukur apakah ada peningkatan pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah siswa diskalkulia. Rendahnya pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah siswa diskalkulia membuat siswa kesulitan mengerjakan soal penjumlahan bilangan cacah khususnya penjumlahan satuan dengan satuan. Metodologi penelitian yang peneliti gunakan pada penelitian ini Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A, peneliti menggunakan teknik analisis visual grafik untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah dengan mendapatkan skor di atas rata-rata ketuntasan, arah positif dengan mean level kondisi A1 (23,35) sedangkan kondisi intervensi dan kondisi A2 lebih tinggi dibanding kondisi A1 yaitu mean level intervensi (79,15) dan mean level A2 (98,325). Kesimpulan dari perolehan data bahwa penggunaan pendekatan CRA efektif bagi siswa diskalkulia dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan bilangan cacah.
Copyrights © 2021