Biologi Edukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol 13, No 1 (2021): Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) disertai Socioscientific Issues (SSI)

Afandi Afandi (Universitas Tanjungpura)
Andi Besse Tenriawaru (Universitas Tanjungpura)
Anita Anita (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan keterampilan argumentasi siswa di SMAN 1 Sungai Pinyuh materi struktur dan fungsi sel pada sistem reproduksi, mengetahui proses pengembangan perangkat dengan model Argument Driven Inquiry disertai Socioscientific Issues, dan mengetahui validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model Four-D. Pada penelitian ini direduksi menjadi model pengembangan Three-D meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan) sampai pada langkah expert appraisal (penilaian ahli). Hasil keterampilan argumentasi siswa berada pada kategori cukup dan berada pada level 1, 2 dan 3. Desain perangkat pembelajaran mengikuti tahapan dari Thiagarajan, dkk dan tidak ditemukan kesulitan yang signifikan dalam mengikuti tahapan tersebut. Perangkat pembelajaran model ADI disertai SSI yaitu RPP dan handout dari segi validitas dan reliabilitas telah memenuhi kriteria yang baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Biologi Edukasi (J.BioEd) contains the results of biology and biology education research from many educational institutions in Indonesia. It published twice a year in June and ...