Publikasi Pendidikan
Vol 11, No 2 (2021)

Nilai-nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Teater Rakyat Kondobuileng

Asia Ramli (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam pertunjukan teater rakyat Kondobuleng. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interdisiplin. Pendekatan ini mengkaji dan menganalis objek penelitian secara komprehensif. Teknik analisis data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, nilai pendidikan melalui sistem pewarisan, antara lain nilai adat pangngadakkang, nilai tau yang disebut sipakatau. Nilai adat istiadat ini terus ditanamkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Kedua, nilai pendidikan melalui pembelajaran di Sanggar, antara lain: nilai siri’ na pace, yaitu saling menhgargai dan menghormati, sebagai nilai utama dan menjadi landasan falsafah hidup orang Bugis-Makassar. Nilai ini berkenaan dengan etik, beradab, berakhlak, sopan, jujur, dalam memelihara hubungan sesama manusia. Ketiga, nilai pendidikan melalui pertunjukan yaitu nilai estetis yang mengajarkan kepada kita untuk menghargai keindahan seni, keindahan moral, dan keindahan intelektual. Nilai ini direpresentasikan melalui estetika komunal yang komedial, spontan, inovatif, kreatif, komunikatif, dan menghibur. Kata kunci: nilai, pendidikan, teater

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...