Jurnal Abdidas
Vol. 2 No. 4 (2021): August Pages 725-1020

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Era Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak

Edwin Zusrony (Bisnis, Fakultas Komputer dan Bisnis, Universitas Sains dan Teknologi Komputer)
Dewi Widyaningsih (Bisnis, Fakultas Komputer dan Bisnis, Universitas Sains dan Teknologi Komputer)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Guru Taman Kanak-kanak (TK) sebagai pengajar profesional berperan sebagai tenaga pendidik yang dituntut berpikir kreatif dalam membuat berbagai media pembelajaran yang efektif dan efisien bagi para murid pra sekolah dasar agar bisa memahami materi yang diberikan. Peningkatan kemampuan guru-guru TK dalam adaptasi teknologi, khususnya mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia untuk mendukung sistem Belajar dari Rumah (BDR) di era pandemi Covid-19. Kondisi pembelajaran TK Tarbiyatul Banin 58 di Kota Salatiga, Jawa Tengah saat ini hanya memanfaatkan aplikasi WhatsApp (WA) untuk melakukan interaksi pembelajaran dengan orang tua murid. Dalam melaksanakan pembelajaran daring (online) sekolah memiliki fasilitas yang mendukung seperti laptop atau notebook tetapi belum secara optimal pengaplikasiannya. Dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di TK Banin 58 tim dari Universitas STEKOM menggunakan metode penyuluhan terkait pemanfaatan media sosial seperti YouTube dan Google Drive sebagai alternatif pembelajaran berbasis multimedia untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Setelah kegiatan dilaksanakan para guru-guru sangat antusias serta bersemangat ingin segera menerapkan ilmu yang telah didapat untuk segera diterapkan pada sistem Belajar dari Rumah (BDR).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...