Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 4, No 2 (2021): Juli

Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar

Febriyandani, Riskika (Unknown)
Kowiyah, Kowiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Matematika sering dianggap remeh oleh sebagian siswa dan seringkali menganggap mata pelajaran sebagai mata pelajaran yang tidak menyenangkan. Karena sebagian guru SD/MI tidak banyak menggunakan media pembelajaran, yaitu media interaktif dipembelajaran pecahan. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan, pasif dan kesulitan dalam meninjau  pecahan. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk membuat inovasi media pembelajaran matematika pecahan yang efektif, praktis, interaktif dan inovatif. Dalam hal ini metode yang diterapkan adalah metode penelitian kombinasi yang biasa disebut juga Research & Development (R&D) dengan menerapkan langkah model ADDIE. Sasaran dipenelitian ini ialah siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dipenelitian ini berupa observasi dan angket. Berdasarkan dengan hasil validitas dari ahli media mendapat hasil total berjumlah 91,6%, ahli materi sebesar 90%. Media komik mendapat respon dari guru sebesar 80% berdasarkan angket respon guru, dan media juga mendapatkan respon siswa sebesar 79,58%. Maka media komik masuk pada kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar dan sangat efektif digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...