Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika khususnya soal kontekstual pada materi Program Linier dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA SMAN 1 Gunung Tuleh yang telah dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika, peserta didik kelompok tinggi melakukan kesalahan jenis B, C, dan D, kelompok sedang melakukan kesalahan jenis A, B, dan C, kelompok rendah melakukan kesalahan jenis A, B, C, dan D. Penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut adalah karena peserta didik belum bisa memahami dan menguasai materi pelajaran dengan baik, peserta didik tidak terbiasa mengerjakan soal pemecahan masalah matematika khusunya soal kontekstual. Peserta didik belum bisa mengaitkan permasalahan dengan konsep dan prinsip matematika yang relevan, peserta didik kurang teliti, ceroboh, dan terburu-buru saat mengerjakan soal
Copyrights © 2021