Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 9, No 2 (2021)

Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi

Dwiky Sakti Darmawan (Universitas PGRI Madiun)
Quitita Oktavelia Anizhandi Nuresa (Universitas PGRI Madiun)
Dinadya Nurfahmi Khoirunisa (Universitas PGRI Madiun)
Ega Rahayu Widodo (Universitas PGRI Madiun)
Yuni Wulandari (Universitas PGRI Madiun)
Edy Suprapto (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika bagi siswa di sekolah inklusi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi litelatur tentang penerapan pembelajaran PBL pada sekolah inklusi pada mata pelajaran matematika. Sumber penelitian adalah data-data yang dikumpulkan dari e-book, teks, artikel, dan sumber lain yang relevan dengan penelitian yang akan dibuat. Pengumpulan literatur dilakukan melalui proses identification, screening dan eligibility, menggunakan google scholar. Berdasarkan hasil penelusuran, disimpulkan bahwa PBL dapat menjadi alternatif model yang diterapkan bagi siswa di sekolah inklusi. Model ini dapat membantu siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan penyelesaian permasalahan dan juga menunjukkan hasil belajar matematika yang baik bagi anak normal maupun berkebutuhan khusus. 

Copyrights © 2021