Peserta didik memiliki karakteristik yang unik. Keunikan karakteristik peserta didik tersebut berasal dari latar belakang budaya yang berbeda dan beragam atau disebut multikultural. Kenyataannya, upaya yang diberikan oleh guru BK/Konselor di sekolah dalam konseling masih memiliki keterbatsan, karena konseling di sebagian yang dilaksanakan masih terkesan instan dan jauh dari yang diharapkan. Peran penting konselor dengan bekal wawasan, pemahaman, keterampilan, nilai dan sikap dalam melaksanakan layanan konseling multikultural sangat strategis. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk melaksanakan konseling yang multikultural yaitu melalui pendekatan konseling eklektik. Konseling eklektik yang dibekali pemahaman multikultural dapat berperan strategis dengan mengintegrasikan beberapa ragam pendekatan sehingga diharapkan dapat mengembangkan KES klien. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi literatur. Mencari dan menganalisa referensi teori yang relevan dengan permasalahan yakni pendekatan konseling eklektik terhadap peserta didik yang multikultural. Melalui studi literatur didapatkan kajian pentingnya mengembangkan pendekatan konseling eklektik terhadap peserta didik yang multikultural.
Copyrights © 2019