Jurnal Counseling Care
Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Counseling Care

PENDEKATAN KONSELING EKLEKTIK TERHADAP PESERTA DIDIK (KONSELI) TINGKAT SMA YANG BERLATAR BELAKANG MULTIKULTURAL

Arnaldy Arnaldy Arnaldy (State University of Padang)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Peserta didik memiliki karakteristik yang unik. Keunikan karakteristik peserta didik tersebut berasal dari latar belakang budaya yang berbeda dan beragam atau disebut multikultural. Kenyataannya, upaya yang diberikan oleh guru BK/Konselor di sekolah dalam konseling masih memiliki keterbatsan, karena konseling di sebagian yang dilaksanakan masih terkesan instan dan jauh dari yang diharapkan. Peran penting konselor dengan bekal wawasan, pemahaman, keterampilan, nilai dan sikap dalam melaksanakan layanan konseling multikultural sangat strategis. Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru BK/Konselor untuk melaksanakan konseling yang multikultural yaitu melalui pendekatan konseling eklektik. Konseling eklektik yang dibekali pemahaman multikultural dapat berperan strategis dengan mengintegrasikan beberapa ragam pendekatan sehingga diharapkan dapat mengembangkan KES klien. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi literatur. Mencari dan menganalisa referensi teori yang relevan dengan permasalahan yakni pendekatan konseling eklektik terhadap peserta didik yang multikultural. Melalui studi literatur didapatkan kajian pentingnya mengembangkan pendekatan konseling eklektik terhadap peserta didik yang multikultural.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

counseling

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Counseling Care (2597-6923) (2581-0650) is the official, peer-reviewed, open-access, electronic journal of the Study Program of Guidance and Counselling, STKIP PGRI Sumatera Barat,is published biannual (April and October) dedicated to research and commentary on empirical, theoretical and ...