Membicarkan tentang ceramah dan cara berdakwah era sekarang pasti membuat kita berfikir tentang sosial media dan kecanggihan teknologi era modern. Karenanya, aktivitas dakwah pada masa kini, tidak hanya dapat dilakukan secara konvensional saja, namun dapat dilakukan melalui berbagai media. Bukan hanya melalui media cetak dan elektronik saja, namun berdakwah kini bisa dilakukan di internet. Salah satunya melalui media sosial seperti Youtube. Saat ini, Youtube telah memliki ribuan bahkan jutaan pengguna dari berbagai negara. Youtube menempati posisi teratas sebagai video sharing yang paling popular. Dakwah di media sosial melalui channel Youtube menjadi sebuah fenomena yang terjadi di kalangan dai. Hal ini, yang menjadikan peneliti ingin mengetahui bagaimana etika dan profesionalisme dakwah di media sosial yang terjadi dalam channel Youtube Ustadz Abdul Somad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif content analisis dengan menjelaskan fenomena melalui pengumpulan data yang dalam hal ini ialah pendeskripsian mengenai level-level psikologi komunikasi penyampaian pesan di Ustadz Abdul Somad Official. Hasil penelitian menunjukkan bahwa channel Youtube Ustadz Abdul Somad dapat dikelompokkan menjadi tiga pesan dakwah. (1) pesan aqidah. (2) pesan Syariah. (3) pesan akhlak.
Copyrights © 2021