EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Vol 1, No 2 (2021): EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Hubungan Konsep Diri dan Pengetahuan Lingkungan dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA

Dea Pusparani (Unknown)
Sujiyo Miranto (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi peserta didik berjumlah 570 peserta didik dengan sampel sebanyak 129 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling (teknik sampel acak sederhana) dengan tiga instrumen: satu berupa tes dan dua kuesioner. Tes digunakan untuk mengukur pengetahuan lingkungan dan kuesioner digunakan untuk mengukur konsep diri dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji korelasi ganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA, (3) dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edubiologia

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

The focus and scope of the journal EduBiologia Biological Science and Education Journal includes pure biology and biology education. In detail, this coverage includes: Pure biology which includes biotechnology, ecology, microbiology, genetics, botany, zoology, cell biology, applied biology, ...