Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi peserta didik berjumlah 570 peserta didik dengan sampel sebanyak 129 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling (teknik sampel acak sederhana) dengan tiga instrumen: satu berupa tes dan dua kuesioner. Tes digunakan untuk mengukur pengetahuan lingkungan dan kuesioner digunakan untuk mengukur konsep diri dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dan uji korelasi ganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA, (3) dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep diri dan pengetahuan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021