Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 1 No 2 (2021): Agustus 2021

Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media VBSC untuk Meningkatkan Penalaran Siswa SD/MI

Hela Dhera Antafani (Mahasiswa)
Kartika Yuni Purwanti (Universitas Ngudi Waluyo Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core untuk meningkatkan kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan Desain pretest- posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara,angket kemampuan penalaran. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas,uji independent sampel t test, uji paired sample test, uji t dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitan menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core terhadap kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan taraf siginfikansi 0,000 < 0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Errorr Mean kelas kontrol yaitu 0,641 > 0,625 sehingga Ha dapat diterima (2) Terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core terhadap kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan signifikasi < 0,05, yaitu 0,02 < 0,05, dan 0,000 < 0,05 dan (3) Model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video sound based core efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran dalam materi volume bangun ruang, hal ini dibuktikan dengan taraf siginfikansi 0,000 < 0,005 dengan std.Error Mean kelas eksperimen lebih dari std.Errorr Mean kelas kontrol yaitu 0,641 > 0,625.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dawuhguru

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Social Sciences

Description

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi: - Pendidikan Nilai dan Karakter - Pengembangan Kurikulum MI/SD - Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, ...