Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 6, No 2 (2021)

INTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN NHT DALAM MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MEMOTIVASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Triani Triani (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kampus Binawidya KM 12,5, Pekanbaru 28293, Riau)
Jimmi Copriady (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kampus Binawidya KM 12,5, Pekanbaru 28293, Riau)
Rasmiwetti Rasmiwetti (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Kampus Binawidya KM 12,5, Pekanbaru 28293, Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat perbedaan motivasi, hasil belajar dan melihat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam model problem based learning (PBL) untuk pokok bahasan asam-basa di SMAN 4 Pekanbaru. Populasi yang terlibat pada penelitian ini ialah semua peserta didik kelas XI MIA yang terdiri dari enam kelas. Analisis data penelitian digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengambilan dan penentuan sampel menggunakan metode randomized control group pretest-postest diperoleh tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1 untuk kelas eksperimen 1, kelas XI MIA 2 untuk kelas eksperimen 2 dan kelas XI MIA 4 untuk kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-annova membuktikan terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar danĀ  hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimenĀ  dan kelas kontrol. Di mana untuk motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibanding peserta didik pada kelas eksperimen 2 dan kontrol. Penentuan hubungan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan menggunakan uji korelasi person yang membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapkan strategi pembelajaran NHT dalam model pembelajaran PBL dengan kategori korelasi sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...