EDUKASI
Vol 19, No 1 (2021): Edisi Mei 2021

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MODEL TALKING STICK DIPADU DENGAN MEDIA KARTU CERITA PADA SISWA KELAS III SDN 12 KOTA TERNATE

Maya Rani Saputra (Universitas Khairun)
Suhardi Abdullah (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses peningkatan kemampuan berbicara melalui model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita pada siswa kelas III SDN 12 Kota Ternate, (2) mengetahui hasil peningkatan kemampuan berbicara melalui model Talking Stick dipadu dengan  media kartu cerita pada siswa kelas III SDN 12 Kota Ternate. Proses penerapan  model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita dibagi dalam beberapa langkah kegiatan pembelajaran sebagai berikut : (1) Membagi siswa dalam 5 kelompok, (2) Membagi kartu cerita kepada setiap siswa, (3) Memberikan penjelasan  mengenai model pembelajaran Talking Stick  dipadu dengan media kartu cerita, (4) Siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya, kemudian masing-masing menulis tentang peristiwa seperti pada kartu cerita yang telah di bagikan, (5) Setelah itu siswa membuat sebuah lingkaran, (6) Guru memberikan tongkat kepada seorang siswa, sambil menyanyikan lagu siswa menggulir tongkat kepada temannya, (7) Siswa yang mendapatkan tongkat, harus berbicara di depan kelas sesuai materi yang diterima. Peningkatan kemampuan berbicara melalui  penerapan model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita yang menunjukan ketutasan siswa  sebesar 25% atau 6 siswa yang tuntas  dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran di kelas dengan jumlah nilai rata-rata pada siklus I adalah 56,50%. Sedangkan pada siklus II pesentase siswa  meningkat menjadi 87,50% atau 21 siswa yang tuntas dari 24 siswa yang mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan jumlah nila rata-rata pada siklus II adalah 73,25%. Oleh karena itu, penerapan model Talking Stick dipadu dengan media kartu cerita ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas III SDN 12 Kota Ternate yang dilihat dari hasil siklus I dan siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...