cover
Contact Name
Saiful Latif
Contact Email
-
Phone
+6281340314232
Journal Mail Official
edukasifkip2019@gmail.com
Editorial Address
Jl. Bandara Baabullah Kampus I FKIP Universitas Khairunm Kelurahan Akehuda, Kecamatan Kota Ternate Utara, 97728
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
EDUKASI
Published by Universitas Khairun
ISSN : 16934164     EISSN : 27158551     DOI : http://doi.org/10.33387/Edu
Core Subject : Education,
Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada Januari dan Juni.
Articles 255 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) Ridwan Jusuf
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.483 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.29

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah fisika dasar konsep listrik dinamik setelah  diterapkanModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray(TSTS). Dalam penelitian ini, Populasi dalam penelitian ini adal seluruh mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah 137 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah  mahasiswa semester I program studi pendidikan fisika  kelas A yang berjumlah 36 mahasiswa.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif karena penelitian ini menggambarkan kemampuan  mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal pada mata kuliah fisika dasar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  metode Two Stay Two Straydengan desain penelitiannya eksperimen.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes.Soal-soal tes yang digunakan pada saat penelitian adalah soal-soal dalam bentuk Essay sebanyak 10 Soal dengan skor maksimum 100.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik deskriptif.Dari hasil analisis diperoleh terdapat kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal mata kuliah fisika dasar I dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi listrk dinamik. Mahasiswa mempunyai nilai di atas 83 sebanyak 6 mahasiswa atau 17% dengan kategori sangat baik,  diantara 73 s/d 82 sebanyak 4 mahasiswa atau 11% dengan kategori baik,  63 s/d 72 sebanyak 14 mahasiswa atau  39 % dengan kategori cukup baik, 53 s/d 62 sebanyak12 mahasiswa atau 33%  dengan kategori  kurang baik dan dibawah 53 sebanyak 0%. Kata kunci: TSTS, Fisika Dasar I
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PQRST TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT BACA Samsu Somadayo
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.08 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki minat baca tinggi, sedang, dan rendah, dan menemukan interaksi antara model pembelajaran dan minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ternate. Manipulasi dilakukan pada variabel model pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket  untuk mengukur minat baca siswa dan  tes untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman. Setelah data terkumpul disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, langkah selanjutnya dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dengan menggunakan program komputer SPSS versi 19. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai rata-rata PQRST yaitu sebesar 65,59  Nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman tertinggi pada kelompok siswa yang memiliki minat baca tinggi  yaitu sebesar 72,87, kelompok siswa yang memiliki minat baca sedang yaitu sebesar 63,93, dan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman terendah pada kelompok siswa yang memiliki minat baca rendah yaitu sebesar 59,14. Kata Kunci : membaca pemahaman, model pembelajaran, minat  baca. 
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH II MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-1) SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN WIRA HUSADA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2012-2013 Angkotasan, Ida Yuli; Subiyanto, Paulus; Syarifah, Nuryeti; Angkotasan, Nurma
EDUKASI Vol 13, No 2 (2015): Edisi Juni 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.993 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i2.48

Abstract

The aim of this research is to know the relationship of critical thinking skills with learning achievement on semester VII students of Nursing Science Program (S-1) Health Science High School Wira Husada Yogyakarta 2012/2013.The research design was descriptive correlative aimed to identify whether or not the relationship between critical thinking skills with learning achievement on students of Health Science High School Wira Husada Yogyakarta in Academic Year 2012/2013. Respondents of this research is Semester VII students of Nursing science program. The research sample of 50 students. Sampling techniques are simple random sampling. Using data analysis Spearman rank correlation test.There is a relationship between critical thinking skills with the learning achievement courses Medical Surgical Nursing II semester VII students of Nursing Science Program Health Science High School Wira Husada Yogyakarta. It can be seen from the Spearman rank correlation test results, obtained significant value r = 0.334 and ρ = 0.018 so that alternative hypothesis Ha is accepted and Ho is rejected. It means, there is a relationship between critical thinking skills with the learning achievement semester VII student of Nursing Science Program (S-1) Health Science High School Wira Husada Yogyakarta.Keywords : Critical thinking, learning achievement
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) Saubas, H.Udin
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.693 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.30

Abstract

Learning by using scientific approach is a process of learning that is designed that make the students construct a concept actively, role or princip trough observation step (to identify or to find a problem), stated a problem, propose hypothesis, collecting data by using variety technic, analyze data, getting conclusion, and communicate the concept that find. Therefore, in  the learning process that hoped to stimulate the students in searching the source by an observation, not only  know by the teacher.The scientific approach role in learning process by skill process like observation, classification, assessment, explain, and making conclusion. In doing that process, the students need a helping from teacher. But the helping  must less because the students’ class is in high level. Key word: Implementation of 2013 curriculum, scientific approach Implementation, Indonesia language learning text base
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KONSEP STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PULAU MOROTAI Milda Abdul Rahman; Zulkifli Zam Zam
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5685.142 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.25

Abstract

This research aimed to know the result of the students different by using cooperative learning model the teams’ game tournament type and learning conventional model on the structure atom concept at the tenth year of SMA Muhammadiyah 1 morotai Island. The research used experimental research and design research are pretest posttest control group design. The population of this research at the tenth year of SMA Muhammadiyah 1 morotai island that consist of 38 students’ and that were  2 class were take sample of cluster random sample. The Technique of collecting data of this research were take of essay test and technique of analyzing data using statistic anakova testing. The result of this research showed that there was significant by using cooperative learning model teams’ games tournament. And by using conventional model that were 46%.Key words: Different, TGT, Conventional, The Result of Students Study, The Concept Structure Atom.
PERAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MENGAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LIFE SKIL SISWA KELAS V SD INPRES MARITANGO KECAMATAN IBU TENGAH Mohtar Kamisi
EDUKASI Vol 13, No 2 (2015): Edisi Juni 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (62.254 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i2.49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kulaitas belajar  dengan pendekatan life skill siswa di SD Inpres Maritango kecamatan Ibua Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan cara mengumpulkan data sendiri pada sejumlah unit dalam waktu (jangka waktu) yang bersamaan, yang berkenaan dengan bagaimana kondisi, proses karakteristik, hasil dari suatu variabel, dengan menggunakan seperangkat instrumen yaitu alat digunakan dalam pengumpulan data agar lebih muda dan sistimatis.Peran guru PKn SD Inpres Maritanggo Kecamatan Ibu Tengah  bahwa di dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas membimbing dan memberi motivasi bagi siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat suasana belajar di dalam kelas khususnya siswa kelas V SD Inpres Maritango Kecamatan Ibu Tengah. Penyampaian materi pelajaran merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses dinamis dalam segala fase dan perkembangan siswa. Secara terperinci peran guru berpusat pada :a.Mendidik dengan titik berat memberikan arah dan motivasi pencapaian tujuan baik jangka pendek dan jangka panjang.b.Memberikan fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai.c.Membantu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap-sikap, nilai-nilai dan penyesuain diri.Berdasarkan hasil penelitian bahwa Peranan Guru PKn dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di SD Inpres Maritanggo Kecamatan Ibu Tengah guru harus memberikan motivasi dan menciptakan situasi yang menyenangkan.   Kata Kunci: Peran Guru, dan Kualitas Belajar Siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kota Ternate) Asmar Bani
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.421 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.42

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajar siswa pada materi Eksponen melalui model pembelajaran Inquiri.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMA Negeri 10 Kota Ternate yang tersebar di tiga kelas dengan jumlah 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA berjumlah 30 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XB berjumlah 32 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen, tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar siswa dengan 5 butir soal sebagai instrument yang telah divalidasi oleh validator. Analisis data yang digunakan adalah PAP skala 5, uji homogenitas, uji normalitas, uji t dan analisis peningkatan kemampuan hasil belajar siswa dengan N.Gain.Hasil pengujian hipotesis atau uji t diperoleh tHitung > tTabel atau 3,63 > 1,65 dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Inquiri dengan kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran Biasa.Hasil analis peningkatan kemampuan hasil belajar siswa kales eksperimen dengan N. Gain secara individu diperoleh 24 siswa mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar tinggi, 8 siswa mengalami Peningkatan kemampuan hasil belajar sedang dan tidak ada siswa yang mengalami peningkatan kemampuan hasil belajar rendah, sedangkan secara klasikal hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan kemampuan yang tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquri, Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Siswa, Ekspone.
KINERJA KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP AL-KHAIRAAT KALUMPANG KOTA TERNATE Ismail, Anwar
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.948 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.26

Abstract

The purpose are (1) to know the school committee to improve the quality of education at SMP Al-Khairaat Kalumpang Ternate; ( 2 ) to know the work achievement of school committee to improve the education quality  at SMP Al-Khairaat Kalumpang Ternate.The approaches used in this research is a qualitative approach.Research result indicates that ( 1 ) a school committee at SMP Al-Khairaat Kalumpang Ternate has formed by 2012 in accordance with the decree no. 325 / B-III / SMP.BP. Alkh / 11 / 2010 and has the school committee structure, namely; chief; secretaries, and the treasury; ( 2 ) the school committee meeting periodically, that is four times in a year. Involved in the talks is the principal, the teacher, student parents, Al-Khairaat foundation and the school committee. Things had been spoken in the meeting are; the school fee, standards graduation, the school programs plan ; ( 3 ) the school committee does not make a written report yet orally. This is a form of violations Kepmendiknas number 044 / u / 2002 about the school committee.( 4 ) the school committee ' s active, this could influence the development of education at SMP Al-Khairaat Kalumpang Tenate.It is a part breach Kepmendiknas number 044 / u / 2002 about the school committee. The keywords:  performance, the quality, the school committee
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DALAM MMENGGUNAKAN KATA KERJA BANTU DALAM MENULIS DI UNIVERSITAS KHAIRUN Saiful Latif
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.171 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.43

Abstract

This study aims to (1) get the types of grammatical (auxiliary) errors in non-fiction text writing among the second semester students of the English Education Department of Khairun University in the academic year of 2013/2014, and (2) get the sources of grammatical (auxiliary) errors in writing at the second semester students of the English Education Department of Khairun University in the academic year 2013/2014.                The design of this research was qualitative research using the descriptive qualitative approach. The participants consisted of 12 students The main data were obtained from the 12 students’ compositions and the other data were collected from interviews.   The results of the research show that (1) the students make errors in omission, addition, and misformation of be (be, am, is, are, was, were, beeb), do (do, does), have (have, has, had)  and modals (can, must, will). (2) The source of error is intralingual errors and interlingual error. (3) The students also make error in using verbs after modal auxiliary. It means that the students still lack in mastering auxiliary verbs. Key word: Error Analysis, auxiliary verbs
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KALOR Sumarni Sahjat
EDUKASI Vol 13, No 1 (2015): Edisi Januari 2015
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.301 KB) | DOI: 10.33387/j.edu.v13i1.27

Abstract

Model pembelajaran reciprocal teaching adalah suatu model pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu merangkum atau meringkas bahan ajar, membuat pertanyaan, mampu menjelaskan, dan dapat memprediksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika konsep kalor dengan menggunakan model Reciprocal teaching.Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe komparatif, sedangkan desain penelitian eksperimen tipe control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Ternate yang berjumlah 120 siswa yang tersebar dalam 4 kelas dengan teknik pengambilan sampelnya dengan cara cluster sampling atau acak kelas setelah diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian, kemudian kedua kelas diacak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Untuk teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Tes dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran, bentuk soal tes yang digunakan yaitu dalam bentuk essay yang berjumlah 9 item dengan skor total 58. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t).Hasil perhitungan  didapat nilai thitung = 9,45 dan ttabel = 2,00 dengan dk = 54 dan taraf nyata 0,05. Dari hasil perhitungan dapat dikatakan bahwa thitung  ttabel atau 9,45  2,00 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar fisika dengan menggunakan model reciprocal teaching dan pembelajaran konvensional dengan besar perbedaannya 16,25 atau 55,62 %. Kata kunci : Reciprocal teaching, hasil belajar siswa.

Page 1 of 26 | Total Record : 255