DIRASAT Jurnal Manajemen & Pendidikan Islam
Vol 7, No 1 (2021): June

Implementasi Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Pencegahan Paham Radikalisme Siswa SMK

Thohiri, M. Kholid (Unknown)
Rizqiyah, Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Menangkal bahaya terorisme akibat dari radikalisme agama tidak dapat diselesaikan hanya melalui jalur hukum, militer, polisi, dan pemerintah, tetapi tetapi juga perlu melibatkan dunia pendidikan. SMK NU Tulungagung juga memiliki peta jalan yang jelas tentang pengajaran Islam moderat dan inklusif sesuai dengan karakter Ahl al-Sunnah wa al-Jamā‘ah (Aswaja), sekaligus mengandung upaya yang tegas untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di kalangan pelajar. Dalam artikel ini penulis mengungkap implementasi pendidikan Aswaja di SMK NU Tulungagung sebagai strategi mencegah pemahman radikalisme siswa. penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. prosedur pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah, yaitu reduksi data, display (penyajian) data dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Implementasi pendidikan Aswaja di SMK NU Tulungagung sebagai strategi pencegahan paham radikalisme siswa di lakukan melalui beberapa program pembelajaran. Pertama, melalui penguatan kemampuan ritual keagamaan Ahl al-Sunnah wa al-Jamā‘ah. Kedua, melalui pembelajaran nilai-nilai Aswaja, yaitu tasāmuḥ, tawāzun, tawassuṭ dan i‘tidāl di dalam kelas maupun di luar kelas, dengan menggunakan model pembelajaran aktif siswa. Sedangkan implikasinya adalah mengembangkan pembelajaran Aswaja dan menanamkan nilai-nilai luhur Aswaja kepada para siswa. Sehingga mereka mampu membentengi diri dari pengaruh atau ajakan kelompok radikal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dirasat

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Dir?s?t: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam (E-ISSN: 2527-6190; P-ISSN: 2503-3506) adalah jurnal ilmiah berkala sebagai media desiminasi hasil kerja akademik para peneliti, dosen dan penulis. Jurnal ini memuat artikel-artikel ilmiah konsepsional dan hasil penelitian seputar Manajemen Pendidikan ...