Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-vocational sebagaimedia pembelajaran berbasis video tutorial dengan materi menggambar alinemenjalan raya pada mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan BangunanAir; 2) mengetahui tingkat kelayakan E-Vocational sebagai media pembelajaranberbasis video tutorial menggambar alinemen jalan raya pada mata kuliah GambarKonstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air. Penilitian pengembangan EVocational terdiri dari 8 tahap yaitu: 1) studi literatur dan observasi prosespembelajaran; 2) pembuatan desain media; 3) validasi desain; 4) uji kelompokkecil; 5) revisi desain; 6) uji kelompok luas; 7) revisi desain; 8) evaluasi danpenyempurnaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa PendidikanTeknik Bangunan Universitas Sebelas Maret angkatan 2014 dan 2015 yang telahlulus mata kuliah Gambar Konstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air. Teknikangket digunakan untuk pengumpulan data validasi desain dan uji coba pengguna.Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, data diperoleh darikatagori kelayakan E-Vocational berdasarkan skor kriteria likert. Hasil penelitiandisimpilkan bahwa: 1) e-vocational sebagai media pembelajaran berbasis videotutorial dengan materi menggambar alinemen jalan raya pada mata kuliah GambarKonstruksi Jalan, Jembatan dan Bangunan Air telah berhasil dikembangkanmelalui tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahappengujian. 2) Persentase kelayakan sebesar 85,83% menyatakan media EVocational termasuk dalam kategori sangat layak, ditinjau dari aspek umum,aspek komunikasi visual, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek desainpembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019