Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 6, No 1 (2020): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG KELAS XI SMK KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN

Wibawanto, Hilmawan (Unknown)
thamrin, AG (Unknown)
Nurhidayati, Aryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas soal ujian konstruksi dan utilitas gedung kelas XI SMK Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan. Kualitas butir soal ditentukan berdasarkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI DPIB di SMKN 2 Surakarta dan SMKN 5 Surakarta. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode, dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal di SMKN 2 Surakarta dan SMKN 5 Surakarta berkualitas baik. Soal SMKN 2 Surakarta secara kualitatif sesuai dengan kaidah penulisan soal dengan rata-rata nilai kesesuaian sebesar 95,7%, secara kuantitatif soal juga berkualitas baik dari segi validitas, reliabilitas, daya beda, dan efektivitas pengecoh tetapi buruk dari segi tingkat kesukaran, persepsi siswa dengan nilai 76% juga menyatakan soal berkategori baik. Soal SMKN 5 Surakarta secara kualitatif sesuai dengan kaidah penulisan soal dengan rata-rata nilai sebesar 91,7%,secara kuantitatif soal juga berkualitas baik dari segi validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran, tetapi buruk dari segi efektivitas pengecoh, persepsi siswa menyatakan soal sudah berkategori baik dengan nilai 72,3%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...