Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif tentang Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Materi Masuknya Hindu Buddha di Indonesia dengan Pembelajaran Blended learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM 1 pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 SMKN 1 Trenggalek Kabupaten Trenggalek pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 36 siswa laki-laki. Pemiliha subyek penelitian ini didasarkan bahwa peneliti adalah guru kelas X TPM 1 SMKN 1 Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 sehingga dapat mempermudah jalannya penelitian. Penerapan pembelajaran Blended learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TPM 1 di SMKN 1 Trenggalek. Sebelum diberi tindakan diperoleh nilai rata-rata pre test peserta didik kelas X TPM 1 SMKN 1 Trenggalek dengan taraf keberhasilan hasil test pada pra siklus peserta didik yang mencapai nilai ≥70 sebanyak 16 peserta didik (44,44%) dan <70 sebanyak 20 peserta didik (55,56%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 57,22. Pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 67,22 peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 22 peserta didik (61,11%) dan <70 sebanyak 14 peserta didik (38,89%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 79,72. Peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 31 peserta didik (86,11%) dan <70 sebanyak 5 siswa (13,89%).
Copyrights © 2021