Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Materi Masuknya Hindu Buddha di Indonesia dengan Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM 1 Pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Prijo Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif tentang Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Materi Masuknya Hindu Buddha di Indonesia dengan Pembelajaran Blended learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TPM 1 pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 SMKN 1 Trenggalek Kabupaten Trenggalek pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 36 siswa laki-laki. Pemiliha subyek penelitian ini didasarkan bahwa peneliti adalah guru kelas X TPM 1 SMKN 1 Trenggalek tahun pelajaran 2020/2021 sehingga dapat mempermudah jalannya penelitian. Penerapan pembelajaran Blended learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TPM 1 di SMKN 1 Trenggalek. Sebelum diberi tindakan diperoleh nilai rata-rata pre test peserta didik kelas X TPM 1 SMKN 1 Trenggalek dengan taraf keberhasilan hasil test pada pra siklus peserta didik yang mencapai nilai ≥70 sebanyak 16 peserta didik (44,44%) dan <70 sebanyak 20 peserta didik (55,56%) dengan nilai rata-rata kelas adalah 57,22. Pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 67,22 peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 22 peserta didik (61,11%) dan <70 sebanyak 14 peserta didik (38,89%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 79,72. Peserta didik yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 31 peserta didik (86,11%) dan <70 sebanyak 5 siswa (13,89%).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...