JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA
Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 2 Ketapang

usmiyatun usmiyatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan menggunakan model inkuri terbimbing. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas sesi pertama VII A SMP Negeri 2 Ketapang dengan jumlah siswa adalah 15 orang siswa. Pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Data kuantitatif berupa hasil tes yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran kemudian ditentukan nilai rata-ratanya. Adapun hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model inkuri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan di siklus I memiliki nilai  dengan rata-rata 77,33 dan berada pada kategori baik, sedangkan  rata-rata pada siklus II dengan menggunakan model inkuri terbimbing juga pada kategori baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model inkuri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPSA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA) memuat artikel yang membahas aspek: pendidikan Fisika dan Ilmu Fisika, pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, pendidikan Biologi dan Ilmu Biologi, pendidikan Sains, serta inovasi-inovasi pembelajaran. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, ...