Edumaspul: Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2 (2021): Edumaspul: Jurnal Pendidikan

Meta-Analisis Penerapan Blended Learning dan Pemilihan Media Online yang Digunakan Terhadap Hasil Belajar

Mega Putriana (085258624221)
Gde Agus Yudha Prawira Adistana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, salah satunya yaitu pendidikan yang dapat dilaksanakan secara online. Pembelajaran online yang dimaksud adalah blended learning, dengan diadakannya model blended learning diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan dalam kegiatan pembelajaran terutama pada hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini dilakukan meta-analisis terhadap 15 artikel dari jurnal nasional mengenai penerapan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar, metode meta-analisis digunakan untuk mencari nilai effect size yang dapat mengkategorikan keberhasilan blended learning. Proses pembelajarannya didukung dengan penggunaan media atau platform yang menjadi fasilitas perantara antara guru dengan siswa, jenis platform yang digunakan dalam 15 artikel tersebut adalah Google Classroom dengan nilai ES = 0,94, Edmodo dengan dengan nilai ES = 0,81, Whatsapp dengan nilai ES = 2,41, Web Enhanced Course dengan nilai ES = 1,34, Quipper School dengan nilai ES = 0,76 ,dan LMS dengan nilai ES = 2,30. Hasil kategori effect size tersebut masuk kedalam efek sedang hingga tinggi, yang artinya dari meta-analisis terhadap 15 artikel dari jurnal ilmiah menunjukkan bahwa penerapan blended learning terbukti mampu meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

maspuljr

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Edumaspul: Jurnal Pendidikan is first published in March 2017 and covers much research in all levels of education (primary, secondary, and higher education). Edumaspul: Jurnal Pendidikan become a CrossRef Member since the year 2019. Therefore, all articles published will have a unique DOI number. ...