Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah survei korelasional, yang dilakukan pada peserta didik kelas IX di SMP Insan Nur Muhammad Bogor tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 35 responden. Instrumen pengumpulan data dengan penyebaran angket untuk mengukur resiliensi matematis dan kemampuan komunikasi matematis menggunakan instrumen tes. Data hasil penelitian dianalisis terlebih dahulu dengan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Setelah uji persyaratan analisis data terpenuhi, dilakukan analisis inferensial. Untuk pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, Fhitung > Ftabel (4,48 > 4,13), dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis terhadap komunikasi matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021