Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 4, No 1 (2021): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

EFEKTIFITAS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Fitriani, Henni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

 ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Problem Based Learning  terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada materi Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Malikussaleh dengan sampel 20 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik yang memuat karakteristik dari Model pembelajran PBL. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Data hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang tinggi dengan menggunakan Problem Based Learning yaitu mencapai 87,49% Kata Kunci: PBL, Aktivitas Peserta Didik, Elektrolit dan Non Elektrolit

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...