Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2021): Mei 2021

KONTRIBUSI SELF REGULATED LEARNING: STUDI DESKRPTIF PADA PROFIL SELF REGULATED LEARNING SISWA

Mualwi Widiatmoko (Universitas Mathlaúl Anwar, Tangerang, Indonesia)
Ida Herlina (Universitas Mathlaúl Anwar, Tangerang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dirasa belum optimal dan untuk mengetahui bagaiamana tingkat self regulated learning yang dimiliki oleh siswa XII SMA Negeri 5 Pandeglang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 5 Pandeglang Tahun Pelajaran 2020/2021yang berjumlah 222 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan terdapat 37, 84% Siswa memiliki tingkat self regulated learning yang berada pada ketgori sedang, 30,18% siswa pada kategori rendah, 17,57% pada kategori rendah sekali dan 14,41% berada pada kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi peneliti untuk merancang program layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan self regulated learning siswa

Copyrights © 2021