Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 6, No 1 (2021): JANUARI

Model Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Juli Afnita (Unknown)
Na’imah Na’imah (Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)
Khamim Zarkasih Putro (Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Pembelajaran Daring yang dilaksanakan Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bertujuan untuk merealisasikan program pemerintah dibidang Pendidikan selama terjadinya wabah covid-19. Proses pembelajaran daring dilaksanakan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit wabah menular covid-19. Walaupun pembelajaran daring dilakukan secara online atau jarak jauh diharapkan proses belajar mengajar dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan mahasiswa selama menerapkan model pembelajaran daring. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan menyediakan kuesioner yang dibuat pada Google Form. Sampel ditetapkan secara purposive sampling dengan ditetapkan 68 responden adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa kuesiner yang terdiri dari 10 pernyataan dengan menggunakan skala likert disebarkan pada 12 April-15 April 2021. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa model pembelajaran daring dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini . Saran penelitian berikutnya diharapkan dapat menambah variabel lainnya selain pada variabel penelitian ini seperti kreatifitas mahasiswa dan motivasi belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...