JURNAL BUANA
Vol 5 No 1 (2021)

GEOGRAPHIC TEACHER LEARNING PLAN (RPP) ANALYSIS BASED ON HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) IN CLASS X KD 3.1. AND KD 3.6. IN SMA NEGERI KOTA SAWAHLUNTO

Tegar Darpen Dery (Universitas Negeri Padang)
Nofrion Nofrion (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan HOTS dalam RPP guru Geografi yang terdiri dari beberapa komponen diantaranya pada tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran pada kelas X KD 3.1. dan KD 3.6. SMA Negeri kota Sawahlunto. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh RPP guru Geografi yang ada di SMA Negeri Sawahlunto. Sampel yaitu RPP guru Geografi yang mengajar pada kelas X. Sumber data yaitu dokumen RPP guru Geografi. Jenis Penelitian Kuantitatif dengan Analisis Konten. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan Persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa HOTS telah diterapkan kedalam Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di ketiga sekolah tersebut. Untuk rata-rata persentase HOTS dalam komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 sebesar 90%. SMA Negeri 2 dengan rata-rata Persentase sebesar 50%. Pada SMA Negeri 3 rata-rata Persentase HOTS sebesar 50%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

student

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Skripsi Geografi adalah Jurnal Ilmiah Mahasiswa yang diterbitkan oleh Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang membahas mengenai fenomena pendidikan, sosial, dan budaya yang ada di tengah-tengah masyarakat. Selain itu jurnal Skripsi Geografi juga memberikan pemikiran ...