Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 7, No 2 (2021): Juli 2021

MODEL PENDIDIKAN BAGI ANAK ABK: HOME SCHOOLING

Fidya Ismiulya, Khamim Zarkasih Putroe, Dara Gebrina Rezieka (Program Magister PIAUD, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 55281, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2021

Abstract

Setiap anak memiliki hak mendapatkan pendidikan dan berhak memilih model pendidikan yang diinginkannya yang sesuai dengan minat, bakat, kemampuan, dan gaya belajarnya tidak terkecuali bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Secara umum terdapat tiga jenis pilihan pendidikan untuk anak ABK yaitu Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Inklusi dan Home schooling. Terjadinya hambatan dalam sekolah SLB dan Inklusi pada anak ABK mengakibatkan orang tua memilih jenis layanan lainnya yaitu Home schooling. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana model pendidikan ABK dengan layanan Homeschooling. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini ialah metode pemdekatan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Home schooling merupakan pendidikan alternatif yang dapat dipilih dan dilaksanakan oleh masyarakat. Pelaksanaan pendidikan berbasis rumah dan lebih fleksibel dibandingkan sekolah formal. Home schooling  menjadi salah suatu usaha dan alternatif yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan fungsi pendidikan nasional dalam mengembangkan potensi peserta didik dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...