JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 10, No 2 (2020): Desember 2020

Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil Rajutan Terdampak Covid 19 di Kampoeng Rajoet Kota Bandung

Dindin Abdulrochim (Pasundan University)
Yanti Susila Tresnawati (Pasundan University)
Trias Pyrenia Iskandar (Pasundan University)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Covid-19 berdampak negatif terhadap keberaadaan usaha mitra yang bergerak dalam usaha Rajutan, merupakan produk Unggulan Kota bandung yang  berada di wilayah Kampoeng Radjoet, Produk Mitra memiliki potensi untuk bersaing dengan produk sejenis baik dalam negeri maupun produk dari luar negeri. Akan tetapi masih dihadapkan pada Permasalahan yaitu belum Memahami, Memanfaatkan Dan Menerapkan  Teknologi Informasi Pemasaran (Informasi melalui E-Commerce Web Apps dan Digital Marketing Content. Solusi yang ditawarkan : 1) Peningkatan Pemahaman Teknologi Informasi Pemasaran (Informasi melalui E-Commerce Web Apps dan digital marketing content. 2) Peningkatan kapasitas Teknologi Informasi berupa Laptop, dan Kamera sebagai sarana  E-Commerce Web Apps dan Digital Marketing Content. Dan Merancang E-Commerce Web Apps.  3) Peningkatan Pemahaman dan Produksi Digital Content di E-Commerce Web Apps . 4) Peningkatan Pemahaman dan Pembuatan akun Official store di Marketplace, dan  Peningkatan Pemahaman dan Pembuatan akun Official store di Video Streaming Platform (Youtube Channel). 5) Sinkronisasi keseluruhan akun dari mulai Web Mobile Apps sampe official store di semua platform digital (Facebook Pages,Instagram, Shopee, Youtube) dan Mitra Memanfaatkanya. Metode Kegiatan dengan menggunakan pendekatan : Pelatihan, Bimbingan teknis, Pendampingan, dan Fasilitasi. Dalam skema ini, Tim pengusul sebagai pelaksana kegiatan, yang memiliki tugas dalam menyelesaikan permasalahan dan mencapai solusi dan target luaran yang telah ditetapkan sesuai dengan kepakarannya serta melibatkan mahasiswa sebagai tim teknis. Hasil dan luaran yang telah dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ; 1) Berubahnya Digital Maidset mitra, dan mampu memahami dari kemanfatan Teknologi Informasi (Digital marketing/ Distribusi) 2) Mitra Memiliki Fasilitas Teknologi Laptop 1 Unit (Asus TUF FX505DU), Kamera Sony Alpha 6300 KIT  beserta kelengkapanya  dan memiliki sarana teknologi informasi Web Apps 3) Meningkatnya Pemahaman Mitra, dan Penerapan: Produksi Digital Content, Distribusi Digital Content di E-Commerce Web Mobile, Memiliki akun Official store di Sosial Media,. 4) Mitra memahami dan memiliki akun Official store di Marketplace, akun Official store di Video Streaming Platform (Youtube Channel). 5) Sinkronisasi keseluruhan akun dari mulai Web Mobile Apps sampe official store di semua platform digital (Facebook Pages, Instagram, Marketplace, Youtube,  dan Mitra Memanfaatkanya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2088-6977 dan E-ISSN 2548-1487 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, ...