AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education
Vol 2 No 1 (2021): AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education

Uji Modifikasi Komponen dan Sistem Pengapian Yamaha 5D9 Terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar

Bahtiar Wilantara (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Parikhin Parikhin (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Hamid Nasrullah (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Suradi Syarif Hidayat (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Wahyu Alif Ramadhan (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Ashari Ashari (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Fandi Nugroho (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)
Tegar Prabowo Pangestu (Jurusan Mesin Otomotif, Politeknik Dharma Patria Kebumen)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

This study aims to determine the effect of modification of components and ignition system on exhaust emissions and fuel consumption on a Yamaha 5D9 motorcycle. The research method used is a case study. The tool used to perform the emission test is a Gas Analyzer type SUKYOUNG SYGA-401 and fuel consumption is measured using a measuring cup. The results showed 1) exhaust gas emissions on the modification of the components of the piston, valve, and ignition system, namely CO 5.76%, CO2 1.6%, and O2 18.09%. 2) fuel consumption increases at each engine speed of 1000 rpm = 100ml, 2000 rpm = 200ml, and 4000 rpm = 400ml, 3) the distance traveled increases at each engine speed of 1000 rpm = 1.9 km, 2000 rpm = 3, 1 km, and 4000 rpm = 4.6 km. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi komponen dan sistem pengapian terhadap emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha 5D9. Metode penelitian yang digunakan menggunakan case study. Alat yang digunakan untuk melakukan uji emisi adalah Gas Analyzer type SUKYOUNG SYGA-401 dan konsumsi bahan bakar diukur menggunakan gelas ukur. Hasil penelitian menunjukan tiga hal, pertama emisi gas buang pada modifikasi komponen piston, katup, dan sistem pengapian yaitu CO 5,76%, CO2 1,6%, dan O2 18,09%. Kedua, konsumsi bahan bakar meningkat pada setiap putaran mesin 1000 rpm = 100ml, 2000 rpm = 200ml, dan 4000 rpm = 400ml. Dan terakhir, jarak yang ditempuh meningkat pada setiap putaran mesin yaitu 1000 rpm = 1,9 km, 2000 rpm = 3,1 km, dan 4000 rpm =4,6km.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aeej

Publisher

Subject

Automotive Engineering Control & Systems Engineering Education Energy Transportation

Description

Focus and Scope Fokus dari AEEJ adalah untuk menjadi sebuah sarana publikasi artikel-artikel ilmiah dari kajian bidang Teknik Otomotif secara praktis dan teoritis. Scope dari AEEJ yakni pada kajian teknik otomotif dan pendidikan kejuruan teknik otomotif yang secara rinci dipaparkan berikut ini. ...