Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pola asuh pembina pramuka terhadap disiplin siswa pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Imam Asy-Syafii. Pendekatan yang dipilih adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Informan terdiri dari satu guru pembina utama laki-laki, satu guru pembina utama perempuan, satu siswa laki-laki kelas lima dan satu siswa perempuan kelas lima.. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pola asuh pembina pramuka menggunakan pendekatan utama demokratis, yaitu menekankan adanya kesepakatan diawal kegiatan tentang aturan dan konsekuensi pelanggaran antara siswa dan Pembina. Pendisiplinan dilakukan secara konsisten melalui pembiasaan dan penggunaan tekhnik induction ketika siswa melakukan pelanggaran. Pola asuh Pembina pramuka berpengaruh pada disiplin etika, ibadah dan belajar siswa di masa pandemi. Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap disiplin siswa adalah self control dalam penggunaan HP dan hubungan sosial. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam perumusan program peningkatan disiplin siswa pada masa pandemi Covid-19.
Copyrights © 2021