JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021

PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA BERBASIS INQUIRI TERBIMBING

Abdurrohman Wahab (Unknown)
Masriani . (Unknown)
Rody Putra Sartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang melalui proses dalam laboratorium untuk menghasilkan produk sains. Kegiatan praktikum akan berjalan dengan baik dan lancar apabila dilengkapi dengan faktor pendukung praktikum seperti alat dan bahan yang diperlukan serta adanya penuntun praktikum. Penelitian ini telah dilakukan dengan tujuan mengembangkan penuntun praktikum titrasi asam basa berbasis inquiri terbimbing untuk mengetahui tingkat kelayakan/validitasnya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Develop). Penuntun praktikum yang telah dikembangkan divalidasi oleh 4 ahli materi dan maing-masing 3 ahli bahasa, dan ahli media. Tingkat kelayakan ditentukan berdasarkan hasil validasi dari para ahli yang diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar isi 93,33%, penyajian 92,5%, bahasa 92,38%, dan grafika 99,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum titrasi asam basa berbasis inquiri terbimbing sangat layak digunakan untuk mendukung pembelajaran praktikum di laboratorium.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...