Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah materi siklus air yang layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan perangkat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model 4D dengan urutan tahapan pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Subyek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data validasi menggunakan nilai skor 1 sampai 4. Teknik analisis data observasi menggunakan rata-rata persentase dua pengamat. Teknik analisis data tes menggunakan kriteria N-Gain. Sedangkan teknik analisis data angket menggunakan kriteria setuju atau tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan validasi perangkat pembelajaran terkategori valid. Kepraktisan perangkat ditinjau dari keterlaksanaan RPP memiliki kategori sangat baik; aktivitas siswa sesuai dengan kegiatan guru; dan hambatan selama pembelajaran dapat teratasi. Keefektifan perangkat ditunjukkan dengan hasil tes keterampilkan berpikir kritis siswa meningkat dengan nilai N-Gain tergolong sedang dan respon siswa yang sangat tertarik dan berminat untuk mengikuti pembelajaran serupa pada kemudian hari. Berdasarkan hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2021